Senin, 28 Maret 2011

sebenar nya saya tuh bagaimana?

Sebenarnya saya tuh bagaimana orang nya ?
Sebuah percakapan yang terjadi saat semua nya ingin menjadi lebih baik.
Percakapan ini terjadi kala siang di hari senin saat sedang santai.
Penasaran dengan percakapan nya kita simak bareng bareng yuk.
Wahab : sebanarnya saya teh kumaha orang nya?
Setya : ah pokok namah apal we sayamah sama kamu teh. Dari mulai cara bohongnya, dan cara memperlakukan perempuan seperti apa?, dari ide ide aneh kamu, dari teu tegaan yang gak puguh juntrungan, dari cara kamu belajar agama , dari obsesi kamu yang jadi kejenuhan kamu sendiri, dari pemikiran positif kamu, bahkan dari narsis nya kamu yang kadang lebay, sampai yang sering riweuh sendiri!
Wahab : Apakah semua itu jelek dan tidak baik? Saya ini pemalu jadi banyak efek yang terjadi gara gara sifat ini. jelaskan satu satu !.
Setya : malu mah sama Allah yang udah di anugerahkan begitu banyak , harus banyak bersyukur , orang tua yang masih sehat dan sayang, kerja udah enak, kuliah ekeur,istri tinggal milh, teman-teman pada baik. Nah makannya kalau berbuat tidak adil ke orang lain dan berbuat tidak baik kepada Allah teh sing malu. nah eta karak namanya PEMALU jangan pemalu jadi masalah ! tong ngambek nya
Wahab : MOAL ! lebay nya gimana? Coba berikan contoh dari saya berbohong?
Setya : saya bakal jawab, tapi bener gak kamu punya semua itu? Kalau salah berarti aku orang yang sok tahu atau aku yang belum kenal kamu atau kamu yang punya 2 kepribadian?
Wahab : punya.. jawaban nya ? kalau sudah ini ada pertanyaan yang kedua bagaiman cara cara saya saya memperlakukan perempuan?
Setya : kalau kamu lagi berbohong saat berhadapan sama saya muka kamu, mata kamu , gerak gerik kamu, itu selalau bicara jujur. Bahasa tubuh kamu sulit untuk menyelaraskan apa yang kamu katakan dan apa yang kamu isyaratkan. Lewat bahasa tubuh kamu. kalau bohong nya lewat telpon ,suara kamu bisa aku deteksi ,bohong atau jujur. Nada suara kamu juga beda kalau lagi bohong. Kalau bohong nya lewat sms ini lebh gampang lagi, karena bahasa sms kamu tuh gak ada yang nyamain jadi gampang pisan terus nulis sms nya ketahuan banget mikirnya lama kadang salah ketik. Hehe.. makan nya jangan suka bohong!
Wahab : kereen.. teerus jelaskan dari ide ide aneh saya untuk mebela diri dan cara memeperlakukan keluarga?
Setya : cara kamu memperlakukan perempuan
Kadang kamu suka memberi banyak harapan dan dengan mudah menjatuhkan nya. mungkin hal ini tidak di sadari tapi coba deh sharing sama temen deket kamu misalnya sharing sama dede biar mata kamu terbuka. Banyak permpaun yang jatuh cinta sama kamu sebenarnya itu karena ulah kamu sendiri. Mulut selalu mengatakan tak ada maksud apa-. tapi hati bicara gue kan cowok nyari yang terbaik.
Tapi terkadang malaikat di hati keci kamu mengingatkan dosa. Tapi pemikiran yang belum terarah membuat kamu melakukan itu. Kadang kamu sedikit sok perhatian dengan sedikt pemikiran jahat “cewek nya ini yang mau sama gue”
Nah kalau lagi kayak gini,ingat hukum alam saja yah! Terus ngusap muka ,istighfar!.
Masalah ide aneh kamu
Kamu gak mau disalahin padahal sebenarnya kamu memang salah . nah tercipta lah ide aneh kamu. Misalnya menghindar secara drastis atau mencari pembenaran dari pendapat teman- teman kamu yang jelas jelas akan mendukung. Kamu minta pendapat dari orang yang salah dan hanya akan memperkeruh suasan dan menciptakan suatu kebencian baru. Makanya kalau minta pendapat itu sama orang yang bijak saja.jangan egois jangan suka menang sendiri.
Contoh kecil: saaat kamu ada masalah sama aku, kamu minta pendapat dan pembenaran diri dari orang lain yang memang akan mendukung kesaslahan kamu alhasil teman kamu pun mempunyai penilaian negatif sama aku yang akhirnya mereka melirik sebelah mata sama aku dengan seabrek kekurangn aku yang jadi negatif ,bener gak?
Maaf kalau salah nerka soal nya kerasa sama aku banyak dari teman –teman kamu yang gak respek tapi masih banyak contoh yang lain nya.
Kalau pembenaran diri itu kamu sharingkan dengan orang orang yang salah maka mata kamu tak akan pernah terbuka. Selamanya kamu akan merasa benar.
Naaah jadi coba deh jadiin pak Nasrudin itu teman sharing. Kamu luangkan waktu untuk dia pasti banyak hal yang belum kamu pelajari dari beliau. Sharing sama dia pasti lebih ya nyaman,karena pembenaran nya adalah hukum Allah, alquranul karim.
Bagaimana cara kamu memperlakukan keluarga
Kamu terlalu takut menyakiti hati mereka dan kadang ketakutan kamu ini malah jadi bumerang buat kamu sendiri.
Kamu tidak bisa secara terbuka blak-blakan membagi isi hati dngan keluarga kamu bahkan rela membohongi keluarga kamu dengan menutupi kesalahan kamu.
Ini tidak fair untuk hati kamu karena kamu tidak akan pernah nyaman keluarga kamu ingin kamu terbuka selebar-lebarnya terutama tentang masalah pribadi kamu karena merka sangat sayang sama kamu.
Mulailah tegas terhadap kelaurga karena kamu adalah calon pemimpin sharing sama ibu bapak kamu secara objektif dan pertimbangkan usulan mereka ambil yang baiknya buang yang buruk nya telaah lagi sebelum mengambil keputusan sayangi mereka sewajar nya jangan pernah ada kebohongan se ujung jaripun.
Wahab : coba jelaskan tentang “saya gak tegaan yang gak puguh juntrungan nya ?”
Setya : kamu sering gak tegaan sama orang tapi sebenarnya hati kamu baik dengan ini
Contohnya ; kamu mungkin pernah memberikan ongkos kepada teman kamu yang gak punya ongkos pulang atau banyak contoh yang lain nya tapi kadang kamu juga jadi RAJA TEGA kalau jenuh kamu sudah di ujung ubun-ubun.
kamu sering beralasan kan tidak tega yang kadang malah kamu sendiri yang kena batunya. “masalahnya gak tega sama si cantikeh ujung-ujungnya kamu bingung begitu dia jatuh cinta Nah loh makan nya jangan suka tebar pesona.
Wahab : coba jelaskan lagi bagaimana cara saya belajar ILMU AGAMA?
Setya : kamu ngasih pertanyaan nya kayak ke guru yang ngasih soal uraian ke muridnya jadi lucu.. sebenarnya kamu termasuk orang yang banyak tahu tentang agama tapi pemahaman dan prakteknya yang masih kurang. Kamu juga pasti tahu kalau mempermainkan perempuan juga temasuk dosa tapi antara hati,akal dan hawa nafsu belum sejalan.
Sebenarnya kamu termasuk orang yang banyak tahu tentang berbagai macam doa-doa yang mustajab, banyak hafal berbagai macam ilmu al Quran dan kamu juga masih ingin tahu lebih banyak lagi karena sebenarnya kamu tahu aturan islam. Kamu interest dengan ilmu ilmu agama yang umum (fiqih, akidah,sejarah,tauladan rasul, bahkan ilmu kebatinan pun kamu punya karena kamu percaya akan hal itu meski hanya 1 atau 2 ayat)
Tapi setinggi apapun ilmu seseorang, ingatlah ahklakulkarimah yang akan menjadikan doa dan ilmu agama nya maslahat dunai akhirat.
Wahab : kalau dari obsesi yang jadi kejenuhan saya sendiri, bagaimana? Kalau dari pemikiran positif saya bagaimana juga? Sekalain jelaskan tentang narsisnya saya yang kadang bikin lebay dan sering “riweuh sendiri”?!
Setya : kalau dari obsesi kita harus punya obsesi yan. Karena itu adalah penyemangt dan alat ukur pencapaian target tapi kita jangan TEROBSESI. Karena beda makna antara OBSESI dengan TREOBSESI.
Karena yang kesatu adalah positif dan yang kedua adalah masalah yang akan memicu kontrol kerja otak jadi tidak seimbang dengan laju darah yang akhirnya bisa menyebabkan darah tinggi lemah jantung, dan kalau sampai gagal bisa sampai meninggal.
Yan kita harus punya ego tapi jangan egois. berfikirlah tentang cerminan arus balik arah seandainya kamu di posisi orang lain contoh kecil dari obsesi kamu mengejar si nuryani yang memang pantas di kejar dan memang dia punya segalanya kamu merasa diri kamu mampu udah yakin 100% kamu bela belain apa saja. Kamu rela mulut kamu menyakiti orang lain, kamu rela melepas apa yang ada di hadapan kamu, karena terobsesi. Tanpa meminta petunjuk yang ihklas dihadapan Nya. Kamu gak peduli berapa orang yang sayang sama kamu,dan tidak takut terjatuh dan sekalinya kamu terjatuh kejenuhan melanda kamu. Antara mulut yang istigfar dan hati yang tidak biasa menerima akhirnya banyak orang yang jadi pelampiasan tanpa kamu sadari.
Kalau dari pemikiran positf
Kamu bagus yan,ingi kulaih lagi buat menghadapi masa depan. Menghhadapi segala kebingungan deengan menulis karena kamu sulit berucap, sulit berbagi dengan orang lain karena kamu gak punya sandaran yang tepat. padahal sebenarnya kamu juga butuh di perhatiin, sebenarnya kamu juga butuh ada yang manjain, sebenarnya kamu juga butuh di sayangin, tapi karena kamu terobsesi pada satu hal dan keegoisan telah meracuni diri kamu dengan watak yang pemalu, kamu jadikan tameng. Maka kamu menjadi buta dengan keadaan kamu, jadi mati dengan banyak rasa, jadi tidak bersykur padahal yang semuanya sudah kamu dapetin, hanya saja kamu masih belum melek.
Naaah jadilah nulis di blog atau di facebook sebagai sarana untuk kamu buat ngungkapin semua isi hati
Oke yan itu positif, tapi coba pelajari banyak orang yang tersandung Karena catatan nya yang menjatuhkan dirinya sendiri contoh nya, siswa SMK pembangunan tea.
Jadi buatlah catatan yang melegakan hati untuk kamu sharingkan dengan yang lebih m engerti dan kalau mau di posting ke facebook atau blog kamu pilih-pilh dulu yang sekira nya layak
PD boleh bahkan wajib dan kudu tapi narsis? Boleh buat seru-seruan just be happy fun asal jangan narsisme.itu yang jadi lebay. Misalnya kamu punya atau dapat apa kamu share di facebook. Foto-foto boleh narsis tapi di perhatikan takaran nya supaya tidak lebay. Hehe
Sok riweuh sendiri . naaah inilah sifat khas dari kamu jadi dari sini coba kmau buat objektif kearah dewasa. Kalau menghadapi masalah coba tenang. Pertam istighfar, kedua sholat Tanya sama Allah yang ketiga beerfikir pake hati yang bersih. Diam tapi otak jalan. Kalau masih belum dapat jawaban nya cari orang yang tepat buat sharing yang bisa ngajarin dan bisa ngasih solusi dan mulailah terbuka sama orang tua jangan ribet dan riweuh sendiri yang akhirnya susah untuk menyelesaikan nya.

Itulah sepenggal wawancara saya dengan salah satu teman dekat saya semoga semua ini bermanfaat buat saya untuk bisa jadi lebih baik dari sekarang . sebagai manusia tentunya kata “tidak sempurna” selalau di sertakan dalam sifat manusia itu
Ini ibarat cermin besar yang harus selalau ku tatap dalam-dalam, ini adalah cambuk dari segala sikap dan perbuatanku selama ini, ini adalah sebagian hasil yang berhasil di kemukakan dan ini adalah ungkapan rasa sayang dan perhatian yan begitu besar untuk saya . terima kasih untuk percakapn siang ini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar