Langsung ke konten utama

Oyan dan sahabat sahabatnya


Selamat malam semua nya.....

Saat itu kita lagi kerja malam, senang rasanya bisa ngobrol deket kembali sama cahyadi.
Salah satu sahabat dekat saya yang sempat jarang ngobrol karena saya pindah regu tapi kali ini saya sudah satu regu kembali dengan nya sedikit ada hiburan lah kalo ngobrol bareng dia


Cahyadi kini sudah menikah sama seperti sahabat saya Dede sumantri mereka kini sama sama sudah punya anak. Dan akulah diantara sahabat sahabat yang lain yang belum menikah karena memang diantara kita, akulah yang paling bungsu.


Dede anak nya laki laki, sedangkan cahyadi perempuan umur anak mereka hampir sama yaitu satu tahun lebih. Kalau ada waktu senggang saya sering maen kerumah sahabat sahabat ku ini sekedar mengajak anak nya main dan bercengkrama dengan keluarga nya
bahkan saya pernah ikut lho pulang kampung ke tempat istri nya dede sumantri senang deh rasanya bisa ikut ke jampang

Waktu itu yang ikut ke jampang bukan Cuma saya tapi ada sahabat saya yang satu lagi nama nya Mamun.

Saya dibonceng nya kala itu.

Bersama Mamun dan Dede akhirnya kita berangkat ke jampang. seru banget, selama di perjalanan kita sempat ber foto foto untuk kenang kenangan.

Saya belum pernah ke jampang sebelumnya ternyata jauh banget ya.
Perjalanan yang di tempuh bisa menghabiskan waktu selama 5 jam kalau menggunakan sepeda motor dan kalau di tempuh dengan kendaraan roda empat, bisa sampai seharian penuh alias 6-7jam

Setelah hampir seharian di perjalanan akhirnya kita sampai juga di jampang kampung kelahiran istri tercinta Dede sumantri.

Berasa di kita di buang ke tempat terpencil jauh sekali dari keramaian kota di jampang memang masih terdapat banyak hutan yang belum sempat terjamah dan kebayakan kegiatan warga nya sehari hari adalah bertani maka tak heran di rumah istri nya dede terdapat leuit (sebuah kamar untuk menyimpan padi, untuk persiapan sampai musim panen kembali tiba)


Kuliner nya pun unik dan masih asli pedesaan. Sangat serasi dengan iklim disana dan bahasa yang digunakan untuk sehari hari pun masih menggunakan bahasa asli sunda dengan logat yang unik.

Di jamin bisa membuat kita senyum senyum kalau mendengarnya, saking unik nya bahkan kadang saya tidak terlalu paham dengan bahasa orang sana yang begitu halus padahal kan saya juga orang sunda asli twew twew twew..

Bedanya tentu saja dengan dialek yang di gunakan sehari hari. berbeda sekali dengan bahasa yang di gunakan sehari hari oleh orang bogor.

Banyak orang bilang kalau orang bogor itu bahasa sundanya kasar. Kabar itu tak semuanya benar lho justru masih banyak banget orang bogor yang sehari hari nya memakai bahasa sunda halus tapi emang sih sekarang yang memakai bahasa sunda halus di bogor jumlahnya sudah sangat sedikit dan cenderung hanya orang tua saja yang mengaplikasikan nya dalam kehidupan sehari hari

Dan alternatif untuk mengatasi persoalan bahasa akhirnya banyak orang bogor menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari hari karena di rasa lebih praktis dan lebih mudah padahal kita sebagai orang bogor juga harus bisa karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan bahasa sunda ini


Kembali ke jampang yuk

Waktu itu makanan yang disajikan kepada kami sungguh enak dan saya rasa ini adalah salah satu masakan asli orang sunda yang bahan dasarnya menggunakan kacang panjang dan kencur namanya Pencok kacang. Apakah teman teman tahu dengan nama masakan ini? Rasanya enak banget lho ada sensasi pedas manis dan gurih gitu dan yang bikin tambah ekskulif nya makana ini adalah sudah langka banget di bogor

Dan salah satu makanan yang masih tersedia di jampang adalah Honje. Ini sebenarnya nama bumbu sunda dan kalau masakan kita memakai honje pasti cita rasa sundanya bakalan kental banget . honje masih ada di jampang tapi sudah sulit sekali di temui di bogor kota tercinta hiks…


Lain Dede sumantri lain Cahyadi mereka berbeda tapi ada satu kesaman yaitu sama sama baik orang nya begitu pula Mamun mereka sama Baiknya terhadap saya.
Senang bisa punya sahabat seperti mereka berbeda beda tapi tetap sama baik nya.hehe
Kalau tadi kita sudah bermain ke jampang, sekarang mari kita bernain kerumah Cahyadi yuk.

Saya sering di tawarin nginep di rumah nya. Keluarga nya baik dan sangat menyenangkan sama seperti keluarga sahabat saya yang lain dulu waktu Cahyadi akan menikah saya lah yang nemenin (tapi bukan nemenin MP nya lho..)

Cahyadi mendapatkan calon istri orang bantar kemang dan berhubung disana masih memakai adat istiadat setempat maka sewaktu cahyadi akan menikah sehari sebelum nya harus sudah ada di rumah pihak perempuan.

Dan dia meminta saya untuk menemani nya semaleman.
Nah dari sana saya jadi tahu kegelisahan yang di alami Cahyadi dan mungkin akan di alami oleh saya juga nanti (insya Allah, doakan ya teman teman) dan tentunya bakal di alami oleh semua calon pengantin laki laki waktu itu dia tak bisa tidur dan hati gelisah tak karuan ingin cepat cepat pagi dan pasti salah tingkah tapi akhirnya dia tidur juga

Sangat berkesan bagi saya waktu itu bisa menjalankan tugas dengan baik di pesta perkawinan nya Cahyadi.

Nah kalau sahabat saya yang satu lagi, mamun. Kalo yang satu ini suka banget sama yang namanya berbelanja hehe jangan heran kalu\au sekarang dia kerap kali berpenampilan modis meskipun laki laki dia tak sungkanuntuk pergi ke butik walaupun hanya untuk membeli satu baju ..hehe

Selain suka berbelanja dia juga suka banget lho sama lagu india...acha acah acah..hehehe.. bolliwood banget dia pailng tinggidiantara kita semua tapi tetap saja klau duduk kita setara haha..

Banyak banget pengalaman yang di dapat dari sahabat –sahabat ku ini semoga menjadikan kita lebih baik yaa dan senantiasa berguna bagi orang yang ad a di sekitar kita .amin
Teman sekian dulu ya cerita nya nanti di sambung lagi, sukses terus untuk kalian semua 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

belajar bahasa mandarin yuk ... seruu lho !!!

Teman aku pernah punya teman dari jawa nama nya weny. Tapi suatu hari dia berangkat ke luar negeri untuk bekerja sebagai TKI dan kini ia suah bekerja di TAIWAN wah seru kan! Dia suka sharing sama aku yang notabene tinggal di tanah air ngomong nya ituloh yang bikin aku gregetan pengen bisa ..hehe dan lucu banget aj dengernya yang tadinya bahasa jawa nya medok (kental benget) eh sekarang dia jadi kayak si aci glodok hahaha… Kemauan nya yang keras membuat dia bisa sampai ke luar negeri meskipun kesana demi menjadi TKI tapi dia bangga dengan dirinya sendiri dan punya rencana yang sangat banyak untuk nanti di wujudkan di Indonesia Kata nya dia kalau sudah kembali ke tanah air, dia mau bikin rumah kontrakan sebanyak banyaknya huhu good idea wenny Great job ! Beruntung dia bekerja di keluarga yang baik tak ada kekerasan sama sekali yang dia peroleh malah kebaikan yang terus bertambah setiap harinya Banyak banyak bersyukur ya wenny J Dan dia pinter banget lho berbicara dala

doa ku yang insya Allah selalu ku baca

Bismilahirohmanirrohim.. Mumpung masih punya wudhu..saya tulis doa ah.Biar nanti tidak lupa,hehe soal nya kemaren sempet hilang kertas nya, eh sekarang ketemu lagi. Harusnya sih di tulisnya pake bahasa arab tapi berhubung ini di facebook, jadi pake tulisan abjad aja deh jadi nya. Ini doa nya: 'asalloh ayyad 'al bainakum wabay naladzi 'adaitum minhum maroda tallohu kodirun wallohu gofururrohimrobbi inni zolamtu nafsi fagfirli dzambi laailaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin allohumma sohaan sohaan sohaan wahaan wahaan wahaan ha mim la yungsoru na waja'alna mim baini aidihim saddaw mamin kholfihim sadda fa agsyainahum paHum laa yungsirun kaf haa yaa 'ain shod haa mim 'ain syin koof la yusoda 'u na anHa walaa yungjifun ya robbu ya robbu ya robbu walaa haula walaa kuwata ila billahil ali hiladzim bismilahi syafi bismilahi kafii bismilahi ma'afii bismilahiladzi la yadurru ma'asmi'ihi syai'ul fil ard

belajar bahasa nigeria yuk seruuu... namanya 'hausa language'

Asalamualaikum teman-teman apa kabar nya pagi ini? Semoga tetap baik baik saja ya Oiya aku punya cerita nih aku kemarin facebookan sama orang Nigeria lho Dan singkat cerita dia minta di ajarin bahasa Indonesia ya udah aku sharing aja sebisa nya Dan ternyata orang Nigeria baik baik juga lho, mereka ramah dan islami banget Alahmdulillah kini akun facebook ku sudah sampai ke Nigeria aku punya banyak tema disana. Kalo gak percaya sok silahkan lihat saja facebook ku hehe Ternyata internet itu tak selamanya berbahaya seiring dengan kabar yang lagi sunter belakang ini. Televisi di rumahku terus saja menayangkan berita berita yang kuranga mengenakan tentang facebook . Kalau menurut aku sih tergantung dari kita nya Teman ini dia hasil belajar semalam dengan orang Nigeria itu. Lumayan lho buat nambah wawasan ! kali aja kita keteemu orang Nigeria di Indonesia kan jaman sekarang buledan negro sudah banyak bertebaran di mana-mana termasuk di Indonesia Bahasa yang di gunakan sam me