Rabu, 02 November 2011

Mainanku Kecil Dulu

Bismillahirohmanirrohim.
assalamualaikum semua masih sehat kan?
berawal dari obrolan saya dengan salah satu pesbuker sejati bernama sri ika khaerunisa yang comment2nan tentang maenan anak sunda jaman dulu jadinya saya beraniin diri buat nulis tentang maenan saya waktu kecil dulu yang sekarang sudah hampir punah.
rasanya tak pernah saya lihat lagi ada anak kecil memainkan_nya
miris banget ya di tahun 2011 ini udah gak ada maenan yang seru kayak waktu jaman kecil kita dulu padahal maenan itu kalau masih dimaenin pasti masih seru banget untuk dimanikan bareng bareng , betul gak ?
kalain pasti tahu kan dengan kita bermain itu artinya kita sedang melatih sistem kerja otak kita untuk bisa jadi lebih baik. lagipula dengan kita bermain bisa membuat kita menjadi happy dan menjadikan hidup menjadi lebih hidup !

sebenernya udah banyak sih teman teman yang buat artikel semacam ini tapi pede aja deh, mungkin yang ini adalah versi saya :D
berikut ini maenan yang asik jaman dulu yang sekarang sudah jarang banget ditemui

1. Cing Golasin
wahai kalian anak kecil jaman dulu yang kini sudah beranjak dewasa pernah gak sih kalian maenin Cing Golasin ini adalah salah satu permainan anak anak sunda di daerah saya. seru banget cara maenya_pun keren banget. tapi sayang sekarang udah gak ada satupun anak yang maen Cing Golasin ini. permainan ini dimainkan sekitar 8anak (kalau salah berarti gak bener, kalau bener berarti gak salah) cara mainnya kita jagain garis gitu seru deh pokoknya biasanya sih saya dulu kalau main Cing Golasin suka sore hari sebelum berangakat ngaji ke surau. kadang kadang kita kalau udah beres main, pasti kita akan botram(makan bersama )

2. Maen Gatrik
permainan rakyat asal jawa barat ini memang berjaya banget di kalangan anak lelaki waktu itu (memang sih dulunya lebih banyak anak lelaki yang memainkan permanian ini) dimanikan menggunakan bambu yang di lempar terus di pukul pukul. gimana ya ngejelasin nya yaa kalau di ibaratkan permainan sekarang mungkin Maen Gatrik ini hampir sama dengan Base Ball atau kayak maen golf gitu

3. Maen Sondahk
eit tunggu dulu permainan ini bukan terinspirasi dari sang anggota DPR yang cantik jelita itu ya (itu tante saya) #ngarep permainan ini keren banget bisanya sih banyak yang maeinin nya anak cewek seru dan pastinya bisa bikin lemak kita turun haha karena kita maenin nya smabil loncat loncatan

4. Maen Karet
eh sebenarnya ini sih permainan cewek banget tapi dulu saya pernah ikutan #sekali dua kali sih. ini juga seru banget bisa melatih kelenturan badan menambah tinggi badan

5. Maen Petak Umpet
nah mungkin ini adalah satu satunya permainan yang mampu bertahan di tahun 2011 ini. permainan petak umpet clasic banget dan ini selalu jadi favorit saya sejak kecil.

6. Maen Lintas Alam
kalau anak anak sekarang yang ikitan ekstrakurikuler pramuka pasti gak asing dong sama permainan ini. bikin kita berwawasan lingkungan dan seru abis kita berpetualang untuk menemukan tempat yang akan dituju.


masih banyak permainan yang dulu saya mainkan dengan teman teman tapi sekarang sudah (mungkin) bisa dikatakan punah dan sudah gak ada lagi anak anak jaman sekarang yang maenin permainan itu. mereka lebih tertarik  maen PS dan game Online  sebenarnya miris banget ngeliatnya mereka tak bisa merasakan bagaimana kami senang nya dulu. hmm lain dulu lain sekarang kali ya !  ya sudahlah...walaupun demikian pastinya kita selalu berharap dengan adanya berbagai macam permainan "modern" jaman sekarang diharapkan anaka naka jaman sekarang bisa melatik sistem kerja otak kiri dan kanan nya sehingga bisa menjadikan mereka lebih kreatif dan lebih baik lagi.

nb: baru nyadar kalo sekarang udah gede! haha
silahkan ditambahain lagi ya maenan nya...saya lupa lagi. kabuuuuurr :p

2 komentar:

  1. wah banayk sekali permainan mas kecilnya Mas,,tapi permainan Cing Golasin itu kayaknya ditemapatku namanya SODOR deh, kalau petak umpet dan main karet saya jug apernah mengalami mas..

    BalasHapus
  2. iya beda namanya kali ya mas.. Kalo kita bilangnya itu.. :D

    jadi inget dulu ya...

    BalasHapus