Langsung ke konten utama

Gerakan Sholat yang Salah

Jadi ceritanya begini,

waktu itu saya jadi makmum masbuk di sholat ashar. dan kebetulan yang jadi imam ashar nya pak haji robin, tadinya sih saya pikir gak bakal diapa- apain, normal saja seperti biasa.

tapi ternyata setelah beres sholat asharnya ( kan saya masbuk) sisa rokaat yang saya kerjakan diperhatikan banget sama beliau, dan beres saya mengucap salam lalu berdoa.
eh, tiba tiba pak haji nyaut. yan! tahu gak kamu tadi punya tiga kesalahan. seketika saya kaget dan hampir mau bilang wow ( tapi gak jadi)  lalu dengan sedikit mesem saya jawab "memang dimana salah pak haji?" kemudian dengan jelas beliau bilang kesalahan kamu yang pertama yaitu ketika kamu rukuk, itu salah gerakan nya harusnya lurus punggungnya dan apabila kita meletakan sesuatu di atas punggung kamu gak bakalan jatoh, harusnya begini

*pak haji mempraktekan-nya dan saya mengikuti dari belakang, lalu diulang ulang lagi sampai 5 kali *
betis saya terasa sangat tegang sekali sodara sodara... rukuknya benar bisa mengencangkan otot otot kaki, khususnya betis
*saya mengulanginya berkali- kali dan salah lagi, salah lagi kemudian mulai bisa, dan akhirnya bisa beneran!* hehe

terus kesalahan yang kedua- lanjut beliau, tadi kamu baca BACAAN sholat-nya di dalam hati, kan yang benar adalah kita harus melafalkan-nya, jadi harus di ucapkan . karena malaikat yang selama ini yang mengawasi kita ada 4 loh, yaitu rokib, atid, -----&----- jadi rokib atid itu mencatat semua yang kita kerjakan  dan malaikat yang dua itu mencatat semua yang kita ...(lupa)

nah, kesalahan kamu yang ketiga adalah tadi waktu kamu duduk ditahiyat akhir itu jari telunjuk mau di goyang- goyangin atau gak di goyang- goyangin itu tak jadi masalah ( punya dasar masing masing) tapi yang paling penting dari semua itu adalah  kita harus membentuk lingkaran antara ibu jari dan jari tengah itu disatukan,  itu harus menyatu.

lanjut, kesalahan kamu yang terakhir adalah waktu kamu sujud, harusnya ketika kamu mau bangkit dari sujud gerakan yang benar itu adalah mendahulukan tangan kita yang diangkat, kemudian keningnya dinaikan
*saya langsung mempraktekannya dan seperti biasa, saya salah, salah, mulai bisa, lumayan lancar hingga akhirnya saya bisa dan lancar* hehe

aduh, gak nyangka deh bisa ke-GAP sama pak haji tentang gerakan sholat saya yang salah selama ini, tapi dibalik itu semua tersimpan banyak sekali hikmah nya dan skarang saya bagikan hikmahnya disini, semoga bisa jadi hikmah juga ya buat sodara sodara semua...


Komentar

  1. :) saya juga pernah ngalamin kayak gitu. waktu itu saya shalat magrib di rumah teman, terus pas tahiyat akhir, posisi kaki saya salah. langsung aja bapaknya temen saya perbaikin pas sementara shalat. saya kaget dan sempat gak konsen. pas selesai shalat, bapaknya teman saya kaget, dia kira yang shalat tadi anaknya (temen saya) karena biasanya dia juga ngelakuin kesalahan itu. akhirnya sampai saat ini--Alhamdulillah--posisi kaki saya kalo tahiyat udah bener (Insya Allah) :D Maaf yaa, curcol. Intinya, selalu ada hikmah di balik tiap kejadian, mas. Eheh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. sama sama pake mukena sih ya phawa, jadi dianggap anak nya sendiri deh... iya bener banget selalu ada hikmah dari semuanya..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

belajar bahasa mandarin yuk ... seruu lho !!!

Teman aku pernah punya teman dari jawa nama nya weny. Tapi suatu hari dia berangkat ke luar negeri untuk bekerja sebagai TKI dan kini ia suah bekerja di TAIWAN wah seru kan! Dia suka sharing sama aku yang notabene tinggal di tanah air ngomong nya ituloh yang bikin aku gregetan pengen bisa ..hehe dan lucu banget aj dengernya yang tadinya bahasa jawa nya medok (kental benget) eh sekarang dia jadi kayak si aci glodok hahaha… Kemauan nya yang keras membuat dia bisa sampai ke luar negeri meskipun kesana demi menjadi TKI tapi dia bangga dengan dirinya sendiri dan punya rencana yang sangat banyak untuk nanti di wujudkan di Indonesia Kata nya dia kalau sudah kembali ke tanah air, dia mau bikin rumah kontrakan sebanyak banyaknya huhu good idea wenny Great job ! Beruntung dia bekerja di keluarga yang baik tak ada kekerasan sama sekali yang dia peroleh malah kebaikan yang terus bertambah setiap harinya Banyak banyak bersyukur ya wenny J Dan dia pinter banget lho berbicara dala

doa ku yang insya Allah selalu ku baca

Bismilahirohmanirrohim.. Mumpung masih punya wudhu..saya tulis doa ah.Biar nanti tidak lupa,hehe soal nya kemaren sempet hilang kertas nya, eh sekarang ketemu lagi. Harusnya sih di tulisnya pake bahasa arab tapi berhubung ini di facebook, jadi pake tulisan abjad aja deh jadi nya. Ini doa nya: 'asalloh ayyad 'al bainakum wabay naladzi 'adaitum minhum maroda tallohu kodirun wallohu gofururrohimrobbi inni zolamtu nafsi fagfirli dzambi laailaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin allohumma sohaan sohaan sohaan wahaan wahaan wahaan ha mim la yungsoru na waja'alna mim baini aidihim saddaw mamin kholfihim sadda fa agsyainahum paHum laa yungsirun kaf haa yaa 'ain shod haa mim 'ain syin koof la yusoda 'u na anHa walaa yungjifun ya robbu ya robbu ya robbu walaa haula walaa kuwata ila billahil ali hiladzim bismilahi syafi bismilahi kafii bismilahi ma'afii bismilahiladzi la yadurru ma'asmi'ihi syai'ul fil ard

belajar bahasa nigeria yuk seruuu... namanya 'hausa language'

Asalamualaikum teman-teman apa kabar nya pagi ini? Semoga tetap baik baik saja ya Oiya aku punya cerita nih aku kemarin facebookan sama orang Nigeria lho Dan singkat cerita dia minta di ajarin bahasa Indonesia ya udah aku sharing aja sebisa nya Dan ternyata orang Nigeria baik baik juga lho, mereka ramah dan islami banget Alahmdulillah kini akun facebook ku sudah sampai ke Nigeria aku punya banyak tema disana. Kalo gak percaya sok silahkan lihat saja facebook ku hehe Ternyata internet itu tak selamanya berbahaya seiring dengan kabar yang lagi sunter belakang ini. Televisi di rumahku terus saja menayangkan berita berita yang kuranga mengenakan tentang facebook . Kalau menurut aku sih tergantung dari kita nya Teman ini dia hasil belajar semalam dengan orang Nigeria itu. Lumayan lho buat nambah wawasan ! kali aja kita keteemu orang Nigeria di Indonesia kan jaman sekarang buledan negro sudah banyak bertebaran di mana-mana termasuk di Indonesia Bahasa yang di gunakan sam me